5 Obyek Wisata Karanganyar Yang Diminati Pengunjung Di Akhir Pekan

 

Air Terjun Jumog
Air terjun Jumog
Kabupaten Karanganyar mempunyai obyek wisata terkenal dengan udara yang sejuk serta asrinya sebuah tempat.Jika mata kita ingin dimanjakan dengan pemandangan hamparan hutan pinus, atau sawah serta tempat yang instagamable maka berkunjunglah ke Kabupaten Karanganyar terutama menikmati kesejukan udara di Lereng Gunung Lawu.

Setiap akhir pekan atau musim liburan sekolah, selalu ramai menjadi tujuan wisata rombongan pariwisata.Ada 5 tempat obyek wisata favorit yang sering dikunjungi wisatawan. Yaitu Air terjun Jumog 2, Air terjun Grojogan Sewu, Telaga Madirda, Candi Sukuh, Lawu Park.

1.Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog berada di wilayah Dusun Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso.
Kalau dari Solo jarak yang ditempuh kurang lebih 1 jam. 
Jam buka Air terjun Jumog dari Pukul 08:00 WIB - 17:00 WIB.

Air terjun dengan ketinggian 30 meter yang berasal dari mata air pegunungan. 

Harga tiket saat Saya berkunjung tanggal 27 Juni 2024 lalu, Rp 20.000,00 per orang.

Untuk menuju ke air terjun Jumog, dari tempat parkiran bis, lumayan menguras tenaga kalau jalan kaki. Tapi jangan khawatir, di sana ada ojek yang siap memgantarkan sampai ke loket tiket, cukup bayar Rp 5000,00.Untuk turun ke parkiran juga sudah siap ojek berderet siap mengantar .
Kebanyakan tukang ojeknya juga nyambi jualan di sekitar situ saja.Kalau rame katanya sehari hisa dapat 50 ribuan.Lumayan buat nambah beli beras.

Tapi kalau diniatkan olahraga naik gunung sambil menikmati hijaunya hutan pinus, jalan saja.
Kemarin Saya pilih naik ojek saja.

Di sekitar jalan menuju Air terjun Jumog banyak warung yang menjajakan sate landak,sate kelinci,gorengan tempe mendoan.
Untuk harga gorengan @1000 .

Jangan lupa jika ke sini siapkan uang recehan untuk parkir maupun ke toilet. Parkir bus Rp 25.000.Motor Rp 2000, mobil Rp 5000, elf Rp 15.000.

Jangan lupa kalau foto, bisa di dekat jembatan agar tidak basah. Kemarin Saya memilih foto di bawah air terjun, walau resiko baju basah.hehehe...


2.Air Terjun Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu berada di desa Beji Kecamatan Tawangmangu. Harga tiket masuk Rp 22.000,00. Buka dari Pukul 08:00 WIB - 16:00 WIB.
Keunikan dari air terjun Grojogan Sewu adalah ketika kita harus melewati sekitar 550-an dari pintu loket. Cukup melelahkan ya, tapi berdasarkan akun Solo Pos, sekarang ada 2 loket . Yang loket kedua cukup landai menuju ke Air terjun, dan bila hari libur atau akhir pekan ada persewaan sepeda listrik dengan harga sewa Rp 10.000,00 sekali jalan.

Keunikan kedua di air terjun ini, banyaknya monyet di sepanjang kiri jalan anak tangga. Habitat mamalia ini dilindungi oleh pengelola. Maka jangan kaget kalau berkunjung ke sini banyak banget monyetnya.

Hati-hati ya kalau bawa makanan, kadang monyetnya nakal, suka merebut makanan. Walau mereka jinak karena sudah biasa dengan pengunjung tapi kan kaget ya, kalau tiba-tiba kresek makanan kita disaut monyet. Seperti kejadian beberapa tahun lalu di Saya. Niat hati mau kasih kacang, walah malah direbut setas bekal cemilan semuanya. Kalau sudah gini mau kesel ya nggak bisa, karena kesalahanku sendiri. Kurang waspada.

3.Telaga Madirda

Telaga Madirda
Telaga Madirda


Telaga Madirda terletak di dusun Tlogo,Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso Karanganyar.
Telaga Madirda ini masih dekat lokasinya dengan candi Sukuh dan Air terjun Jumog.
Jeep berjo adventure



Biasanya ada yang menawarkan sewa jeep dengan 5 destinasi dari air terjun jumog. Harga sewa jeep sekita Rp 350.000 - Rp 400.000. Dengan 5 destinasi. Misalnya Air terjun Jumog, candi Sukuh, Tenggir Park, Bukit Mongkrang dan Telaga Madirda. Belum termasuk tiket masuk ya.

Dulu Telaga Madirda belum sehits sekarang. Namun sama pemerintah desa sekarang diperbarui dengan diperluas telaganya. Di sini juga menawarkan glamping jika ingin  menginap memakai tenda.

Fasilitas permainan di sini, naik bebek air. Dan ada beberapa spot untuk foto - foto. Wis bagi yang hobi ngisi konten di sini puaskanlah berfoto buat isi instagram anda.

Jika capek bisa istirahat di gazebo dan jangan lupa kalau gazebonya ada tikar sediakan uang Rp 10.000,00 buat ongkos sewa tikarnya. Mushola,toilet dan tempat makan juga ada. 
Tiket masuk ke telaga Madirda Rp 15.000,00.

4.Candi Sukuh

Masih di seputaran desa Berjo,Ngargoyoso letaknya sebelahan dengan Tenggir Park.
Harga tiket masuk, weekend Rp 20.000,00.
Candi Sukuh merupakan salah satu peninggalan agama Hindu. Candi di masa Majapahit, ada 3 tingkatan teras bersusun. Setiap teras pada candi Sukuh memiliki Gapura.

Puncak Candi Sukuh bukan lancip tapi mirip piramida yang terpotong ujungnya.

5.The Lawu Park

The Lawu Park
The Lawu Park


The Lawu Park terletak di dusun Gondosuli, Tawangmangu.Bagi yang mempunyai anak,tempat ini sangat friendly banget buat liburan.
Selain menawarkan pemandangan hutan pinus dan beberapa spot foto juga ada wahana rumah pohon, flying fox,ATV, taman anggrek, bom-bom car, wahana snow world, memberi makan domba dan kelinci. Kalau mau nginep juga tersedia glamping di sebelahnya.Tinggal reservasi lewat salah satu aplikasi penginapan hotel.

Ketika Saya masuk ke taman Anggrek, sayang sekali anggreknya tidak ada yang berbunga. Akhirnya foto di antara pohon bambu saja buat kenangan.


Harga tiket masuk untuk weekday Rp 20.000,00 sedangkan weekend Rp 25.000,00.

Untuk masuk wahana snow world harus mengeluarkan kocek lagi Rp 30.000,00.

Nah itulah 5 tempat obyek wisata favorit di Kabupaten Karanganyar yang bisa dikunjungi di akhir pekan atau liburan bersama keluarga.

Selamat berlibur.



1 comment:

  1. Wuah, kapan2 harus kusamperin nih. Enaknya wisata di daerah sana tuh tiket masuknya gak mahal. Bawa rombongan bocil gak terlalu bikin kantong jebol. Asri dan adem pula. Makasih rekomendasinya Mbak...

    ReplyDelete